Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
|

Download Lembar Monitoring Target Harian Muslim Produktif

Apakah saat Anda bangun setiap pagi mengalami kebingungan tentang apa yang akan Anda lakukan pada hari ini? Apakah Anda menghabiskan waktu untuk kesibukan Anda  tetapi pada akhir pekan Anda merasa tidak ada pencapaian yang penting? Apakah Anda merasa terbebani tanggung jawab terlalu banyak dan tidak dapat memberikan hak pada masing-masing kebutuhan?
Tidak perlu khawatir, Bursamuslim.com ada di sini untuk membantu Anda! Kami suguhkan kepada Anda Lembar Monitoring Target Harian Muslim Produktif – yang Insya Allah bermanfaat bagi Anda untuk merencanakan dan memantau target harian agar Anda senantiasa produktif. Konsep ini kami sadur dari  ProductiveMuslim Daily Taskinator  karya tim kreatif ProductiveMuslim.com. Konsep Lembar Monitoring ini sangat sederhana yaitu membagi aktivitas menjadi 4 pos/bidang, yaitu :
  1.      Islam
  2.      Keluarga
  3.      Bekerja
  4.      Pengembangan Diri
POS ISLAM
Pos ini berisi rencana target Anda yang berkaitan erat dengan ritual ibadah/amal shalih, misal : selasa besok pukul 05.00 saya akan dzikir pagi, pukul 06.00 saya akan mengunjungi teman/saudara yang sakit dengan mengharap ridha Allah, tilawah dan menghafal quran,  membuat catatan ringkas dari ta’lim/pengajian dan sebagainya. Mungkin Anda bertanya, amalan Islam sangat banyak, padahal kolom di lembar tersebut hanya disediakan 5 kolom, gimana nih?
Oke, mari kita simak hadits berikut :
Imam Bukhari rahimahullahmeriwayatkan di dalam Shahihnya :
حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا قَالَتْ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ وَقَالَ اكْلَفُوا مِنْ الْأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ
Muhammad bin Ar’arah menuturkan kepadaku. Dia berkata; Syu’bah menuturkan kepada kami dari Sa’d bin Ibrahim dari Abu Salamah dari Aisyah radhiyallahu’anha, dia berkata,“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, ‘Amal apakah yang paling dicintai Allah?’. Maka beliau menjawab,”Yaitu yang paling kontinyu, meskipun hanya sedikit.” Beliau juga bersabda, “Bebanilah diri kalian dengan amal-amal yang mampu untuk kalian kerjakan.” (HR. Bukhari dalam Kitab ar-Riqaq)
Solusinya :
1. Untuk amalan wajib, maka tidak ada tawar-menawar dan tidak perlu dimasukkan dalam lembar tersebut karena sudah menjadi rutinitas harian dan wajib diingat dan dikerjakan, misal sholat berjama’ah bagi laki-laki, menuntut ilmu agama tentang sholat,aqidah,dan hal-hal wajib lainnya.
2. Untuk amalan mustahab/sunnah, silakan dipilih sesuai kemampuan dan yang terpenting konsistensi Anda untuk menjaganya. Misal : hari senin targetkan mendapat pahala dari menjenguk orang sakit (teman, tetangga, saudara) sekalian berdakwah bahwa Islam menganjurkan untuk saling menjenguk saat ada yang sakit. Niatkan Anda mendapat banyak pahala dari aktivitas ini : pahala menjenguk orang sakit, pahala silaturrahmi, dan pahala berdakwah. PRODUKTIF!
POS KELUARGA
Pos ini bisa diisi dengan rencana target yang berkaitan dengan keluarga Anda, baik pendidikan agama, hak mereka, maupun pengembangan kualitas pengetahuan, misalnya tentang mengajari anak membaca al quran, berhitung, sharing anggaran belanja bersama istri, membantu pekerjaan rumah tangga, dan sebagainya. Inipun juga dipilih target-target yang realistis dan efektif untuk dilakukan. Jangan sampai membebani fisik maupun fikiran Anda, misalnya : hari rabu pukul 18.30 mengajari Anak membaca Al Quran, targetkan pahala dan kemahiran anak Anda dalam membaca al quran. PRODUKTIF!
POS BEKERJA
Dari sebutannya tentunya Anda sudah bisa menebak isinya. Ya benar! Pos ini berisi rencana target Anda seputar pekerjaan di kantor. Tentunya hal ini disesuaikan dengan todo list yang diberikan atasan/perusahaan kepada Anda, misalnya hari kamis sesuai todolist perusahaan, saya akan berusaha mencapai target penjualan. Contoh yang lain, hari rabu saya akan mentargetkan dokumen-dokumen penting yang ada di meja kerja saya bisa tertata rapi dan terdokumentasi dengan baik.
POS PENGEMBANGAN DIRI
Pos ini yang mungkin yang paling menarik untuk diisi. Mengapa ? Karena Anda akan merencanakan aktivitas yang bisa meningkatkan kualitas pribadi Anda, misalnya :
a. hari senin saya akan membaca/mendownload artikel tentang manajemen keuangan UKM untuk memperdalam pengetahuan saya tentang pengelolaan keuangan bisnis
b. hari selasa saya mengikuti diklat/kursus desain grafis agar bisa mendesain kemasan produk bisnis sampingan saya yang menarik dan elegan
YANG PERLU DIPERHATIKAN
Dalam Lembar Target Harian ini, disediakan pula Starting Hour (sisi sebelah kanan) dan Notes (sisi bawah).
Starting Hour berfungsi untuk menentukan waktu awal mulai pencapaian target. Secara otomatis, durasi waktu per target adalah dimulai dari Starting Hour target yang bersangkutan dan diakhiri Starting Hour  target selanjutnya.
Notes berfungsi untuk :
1. menulis usulan target untuk minggu depan berdasarkan evaluasi harian
2. mencatat kendala/hambatan yang ditemui untuk mencapai target agar bisa diminimalisir/dihindari di periode berikutnya
PRINSIP UTAMA LEMBAR TARGET HARIAN
Agar Anda optimal dalam mencapai target, maka prinsip yang harus dipegang dan dijunjung tinggi dalam lembar target harian ini adalah :
1. niat ikhlas mengharap pahala Allah
2. konsisten dan komitmen
3. berani berkata tidak untuk godaan yang kemungkinan akan mengalihkan fokus Anda dari target harian Anda,kecuali musibah dari Allah maka itu adalah cobaan yang harus disikapi dengan sabar
4. selalu mengevaluasi di setiap menjelang tidur tentang potensi, strategi, dan hambatan dalam mencapai target.
Semoga bermanfaat dan silakan download Lembar Target Harian Muslim Produktif (plus bonus target mingguan) dalam bentuk file excel di bawah ini:

Artikel Terkait


Posted by Zona Moslem on 09.30. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response
Kirim Komentar Anda:
Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan zona-moslem.com dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pembaca dapat melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Zona Moslem akan menimbang setiap laporan yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut. Mohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada kesalahan ataupun kekeliruaan dari materi yang kami sajikan,kebenaran datanganya hanya milik Allah SWT dan kekeliruaan dan kehilapan datangnya dalam diri kami. Mohon bimbingan dan Nasehatnya

0 komentar for "Download Lembar Monitoring Target Harian Muslim Produktif"

Leave a reply

Untaian Nasehat :

“Menuntut ilmu agama ini adalah wajib atas setiap Muslim (pria maupun wanita).” (HR. Ibnu Majah & Baihaqi)

“Barangsiapa yang Alloh kehendaki kebaikannya, niscaya Alloh jadikan dia paham terhadap agama-Nya.” (HR. Bukhari)

“Jika seorang anak Adam wafat maka terputus amalannya kecuali tiga perkara: “shodaqoh jariyah (mengalir pahalanya), ilmu yang bermanfaat dan anak sholih yang mendo’akan orang tuanya.” (HR. Muslim)

“Alloh mengangkat derajat orang-orang beriman dari kalian dan orang-orang yang berilmu tentang agama ini dengan beberapa derajat” (QS. Al Mujadalah:11)

priBotTab2

.

Recently Added

Recently Commented

Blog Archive

See More: Zona Moslem seputar informasi Agama Muslimin dan muslimat,sharing Ilmu pengetahuan,problemantika kehidupan,tips dan trick